Paska Tsunami 10/1/19 di dunia TG

Bencana datang tak terkira, tanpa ada tanda dan tak terduga.
Sebaik apapun kita siaga, pada akhirnya tetap akan ada yang namanya bencana.
Tidak mengenal siapa anda, entah mulia entah pendosa tetap anda akan mendapatkan jadwalnya.
Saat bencana telah tiba semua orang berharap semua kembali seperti sedia kala, tapi sayangnya itu tidak bisa.
Ada yang kehilangan nyawa, ada yang kehilangan harta benda, dan ada yang menjadi janda.
Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, karena sudah menjadi kehendak yang Maha Esa.

Terkait insiden kerusakan hardware yang dialami server TG kemarin, kami jelas meminta maaf pada semua teman-teman Gratizzer. Karena kejadian tersebut Gratizzer tidak bisa beraktivitas di dunia TG seharian penuh.

Meskipun kejadian tersebut masuk dalam kategori bencana tetapi itu masih tetap menjadi tanggung jawab kami pengelola TG. Kami berusaha semaksimal yang kami mampu untuk memulihkan keadaan karena kejadian tersebut, tetapi pada akhirnya selalu ada yang kami tidak mampu selesaikan. Kembali lagi karena segala keterbatasan yang kami miliki sehingga kami jelas tidak akan sempurna dalam pekerjaan.

Informasi:
Beberapa hal yang tidak bisa saya recovery atau perbaiki paska bencana kemarin adalah sebagai berikut:

  1. Castle Durga dan Biryu tidak bisa saya kendalikan sehingga semua hal yang terkait dengan dua castle tersebut termasuk jadwal Dungeon-nya akan reset atau terlewat tanpa bisa saya kembalikan. Mungkin juga termasuk beberapa detail kecil jika ada yang rusak atau reset maka saat ini saya belum punya kemampuan sampai kesana.
  2. Uang pajak yang terkumpul dari jualan player di Mandara dan Biryu yang terkumpul di Castle Biryu juga tidak bisa saya kendalikan. Sehingga ada kemungkinan karena kejadian kemarin terjadi reset dan tidak bisa dikembalikan.

Kenapa GM Xonote tidak bisa melakukannya?
Castle Durga dan Biryu adalah fitur unik di Tantra Online yang settingnya itu tidak biasa. Setting dari kedua castle itu tidak tersedia dalam bentuk data terpisah (setidaknya tidak saya temukan). Sehingga sederhananya kesaktian saya belum cukup untuk sampai kesana, saya masih butuh banyak belajar tentang game ini.

Kenapa GM Xonote tidak bisa melakukannya?
Castle Durga dan Biryu adalah fitur unik di Tantra Online yang settingnya itu tidak biasa. Setting dari kedua castle itu tidak tersedia dalam bentuk data terpisah (setidaknya tidak saya temukan). Sehingga sederhananya kesaktian saya belum cukup untuk sampai kesana, saya masih butuh banyak belajar tentang game ini.

Sedikit pengetahuan teknis
Game adalah software yang sangat kompleks, terdiri dari banyak sekali variabel yang tentu saja dibuat oleh banyak orang bahkan banyak tim. Kita pengelola TG mengumpulkan serpihan-serpihan file tersebut dan berusaha menyusun puzzelnya. Selama puluhan tahun saya menjadi player dan bertahun-tahun saya menjadi GM masih belum cukup untuk tahu semua hal tentang game ini. Saya masih pada tahap terus belajar dan explorasi semua hal tentang game ini. Itu kenapa saya selalu sebut Tantra Gratis sebagai agenda riset saya untuk banyak tahun kedepan.

Kesimpulan:

  1. Semua akibat dari kejadian kemarin di Castle Durga dan Biryu tidak bisa saya kembalikan, termasuk uang pajak yang mungkin belum diambil oleh Guild yang menguasai Biryu saat ini.
  2. Tidak akan diberikan kompensasi apapun terkait kesimpulan nomor 1.

Saran untuk masa mendatang:
Seperti yang sudah saya bilang di Intro bahwa bencana akan selalu ada. Maka jika kejadian seperti kemarin yang mungkin suatu saat bisa terjadi lagi, saya menyarankan untuk Guild pemilik Castle Biryu untuk sesering mungkin mengambil uang pajak. Saya masih belum punya cukup kesaktian untuk melakukan konfigurasi di Castle durga dan biryu. Saya masih butuh banyak waktu untuk pengembangan dan penyempurnaan TG.

Kami tahu TG tidak akan bisa memuaskan semua orang, kami hanya berusaha yang terbaik yang kami bisa. Sisanya kami sekali lagi mohon maaf jika banyak kekurangan dalam membawa TG sampai saat ini.

Saya harap Gratizzer semua bisa memahami dan mengerti bagaimana posisi pengelola. Semoga banyak tulisan yang sering sekali saya tuliskan di grup ini menjadikan kita semakin saling menghargai. Keep fighting!

Salam Gratis

Leave a Reply

Close Menu
×
×

Cart